Artikel ini telah dilihat : 190 kali.
30 Jul 2019

UPT Ma’had Al Jamiah Bekali Musyrif/ah Lewat Workshop

Banjarmasin – “Kita harus sadar  bahwa Visi UIN Antasari adalah Unggul dan Berakhlak, dan kalau kita lihat dari Visi Ma’had sendiri ialah ilmu dan amal, jadi ilmu tidak hanya sekedar dipelajari tetapi juga diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari” kata Dr. H. Hamdan M.Pd, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan dalam sambutannya pada kegiatan Workshop Musyrif/ah yang dilaksanakan oleh UPT Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin, Selasa (30/07/2019) di Aula Zafri Zamzam (Rektorat Lantai III).

Acara ini merupakan rentetan awal untuk mengawali tugas-tugas para Musyarrif/ah di Ma’had Al-Jamiah UIN Antasari Banjarmasin, workshop ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 30 – 31 Juli 2019 yang diikuti oleh seluruh Musyrif/ah yang telah direkrut melalui seleksi yang ketat.  Ada 2 materi yang akan disampaikan terkait dengan hal ini, yang pertama adalah Tugas, Peranan dan Fungsi Musyrif/ah dan yang kedua adalah Dasar Kegiatan Keagamaan. Materi-materi yang disampaikan pada workshop ini merupakan bekal penting bagi para Musyrif/ah yang akan memberikan bimbingan, pengajaran dan pengawasan kepada para mahasiswa dan mahasiswi yang akan memasuki pondok Al-Jamiah UIN Antasari setidaknya selama 1 tahun kedepan.

Dr. H. Hamdan M.Pd yang membuka acara ini pada sambutannya menyampaikan 4 pilar filosofi yang akan dikembangkan oleh UIN Antasari yakni:

  1. Integrasi Ilmu-Ilmu Keagamaan dan Sains Modern
  2. Integrasi Islam dan Kebangsaan
  3. Berbasis Lokal
  4. Berwawasan Global

Beliau menegasakan bahwa UIN Antasari mengemban satu amanah yaitu Islam Wasathiyah atau Islam Moderat, Islam yang rahmatan lil alamin, Islam yang menjadi penengah, Islam yang diajarkan sesuai oleh baginda Nabi Muhammad SAW.

“Kita tidak ingin nanti UIN Antasari mencetak generasi yang radikal lebih-lebih liberal, harus benar-benar sesuai dengan tuntunan sunnah nabi, umat yang berada ditengah-tengah, umat yang rahmatan li alamin” ujar Hamdan.

Di akhir sambutannya beliau menyampaikan bahwa para Musyrif/ah yang hadir di sini merupakan yang terbaik yang telah dipilih sebagai perpanjangan tangan  UIN Antasari dalam membimbing para mahasiswa dan mahasiswi UIN Antasari menjadi Ungggul dan Berakhlak sesuai dengan Visi UIN Antasari Banjarmasin. (yad/hdr)

Tinggalkan Balasan