Artikel ini telah dilihat : 141 kali.
13 Feb 2020

UPM FTK UIN Antasari Gelar Seminar Penulisan Artikel Ilmiah

UIN Antasari, Banjarmasin – Unit Penjaminan Mutu (UPM) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Antasari mengelar kegiatan seminar penulisan artikel ilmiah dosen se-lingkup FTK UIN Antasari di Aula Zafry Zamzam Gedung Rektorat lantai 3 UIN Antasari, Kamis (13/02/2020).

Kegiatan yang mengusung tema “ Trik dan Tips Menulis Artikel di Jurnal Terakreditasi Nasional dan Internasional” tersebut sedikitnya dihadiri 87 dosen FTK UIN Antasari dan menghadirkan narasumber dari STAIN Sorong Papua Barat, Ismail Suardi Wekke, Ph.D.

Kegiatan seminar dan pelatihan ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari, Ibu Prof. Dr. Hj. Juairiah, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menggambarkan bahwa menulis sebuah jurnal itu layaknya seperti proses membuat sebuah kue, memperhatikan kualitas bahan-bahannya, kemudian cara memasaknya dan bagaimana cara penyajiannya sehingga orang-orang tertarik dan menikmati sebuah kue tersebut, beliau berharap dengan kegiatan ini para dosen FTK dapat mengambil ilmu bagaimana trik dan tips menulis artikel di jurnal terakreditasi nasional maupun internasional.

Ketua Unit Penjaminan Mutu (UPM) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari sekaligus ketua pelaksana kegitan seminar, Dra. Hj. Rusdiana Husaini, M.Ag  dalam sambutannya beliau menyampaikan rasa terimakasih yang luar biasa kepada narasumber dan pimpinan atas dukungan  yang diberikan dan partisipasi penuh sehingga agenda workshop berjalan dengan lancar. Rusdina menegaskan bahwa penulisan artikel adalah kewajiban dosen yang merupakan insan akademik, terutama tuntutan dalam memenuhi tri dharma perguruan tinggi, tuntutan kinerja dosen dan tuntutan untuk kenaikan pangkat.

Rusdiana menjelaskan, UPM Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari berupanya mewujudkan tujuan di bidang penelitain dan pengembangan ilmu, salah satunya meningkatkan mutu dan jumlah penelitian untuk para dosen seta meningkatkan publikasi ilmiah.

“Untuk menulis sebuah jurnal yang terakreditasi tentu tidak mudah dan banyak lika likunya, kita perlu menambah wawasan bagaimana cara, kiat-kiat, trik, tips menulis artikel dalam sebuah jurnal yang terakreditasi, berdasarkan inilah UPM FTK melaksanakan kegiatan seminar nasional penulisan artikel ilmiah bagi dosen FTK, insya Allah seminar ini tentu sangat banyak manfaatnya, mudah-mudahan para hadirin bisa menyimak dengan baik” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan