Artikel ini telah dilihat : 137 kali.
19 Agu 2019

Mujiburrahman: “Gunakan Smartphone dengan Smart”

Banjarmasin (19/08/2019) UIN Antasari Banjarmasin menghadirkan AKBP Zaenal Ariefin, SH Kasubdit II Fismondev Ditreskrimsus Polda Kalsel untuk menyampaikan Kuliah Umum dengan tema “UU ITE dan Pencegahan Hoaks” pada Pembukaan perkuliahan semester ganjil 2019/2020 bertempat di Auditorium Mastur Jahri Kampus UIN Antasari Banjarmasin

Kegiatan yang dihadiri ribuan mahasiswa tersebut dibuka secara langsung oleh Rektor UIN Antasari Banjarmasin, Mujiburrahman.

Dalam sambutannya Guru Besar Sosiologi Agama itu memaparkan bahwa era disrupsi hari ini ada era dimana kita mengalami kondisi yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya, salah satunya adalah munculnya ponsel serba bisa yang dikenal dengan smartphone. Meskipun ponsel yang digunakan smart, namun jika kita gunakan secara “bodoh” akan membahayakan dan bisa menyeret kita ke ranah hukum.

Selanjutnya Mujib juga menyampaikan fenomena hoaks yang semakin marak dewasa ini. “Banyak orang ternyata tertarik dengan hoax atau berita palsu, baik mengkonsumsi maupun turut serta menyebarkannya”.

Hal itu menurutnya juga dipengaruhi oleh psikologis manusia yang cenderung selalu ingin mendapat perhatian dan senang menjadi perhatian. “Apalagi di era post-truth hari ini yang cenderung mengabaikan kenyataan. Kebenaran dipahami sebagai sesuatu yang bersifat subjektif, yang hanya sesuai dengan keinginan dan harapan semata. Alhasil, asalkan sesuai dengan keinginan dan harapannya, orang menjadi berlomba-lomba membagikan informasi-informasi yang unik, menarik, menghebohkan dan bikin penasaran tanpa melalui proses check and recheck dengan harapan akan banyak mendapat likes dan comments”,ungkapnya.

 

Tinggalkan Balasan