Artikel ini telah dilihat : 250 kali.
16 Nov 2019

Dukung Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia, UIN Antasari Gelar KKN Kemaritiman di Pulau Sebuku

Kamis (14/11/2019) Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin secara langsung menjemput 25 mahasiswa yang telah selesai melaksanakan KKN Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) tahun 2019 di Pulau Sebuku, Kotabaru.

Program yang diinisiasi Kemenko Maritim bekerjasama dengan UIN Antasari Banjarmasin bertujuan untuk membangun jiwa kemaritiman generasi muda, menumbuhkembangkan semangat dan budaya kemaritiman di kalangan generasi muda ini.

Kuliah kerja nyata (KKN) ini diikuti 25 mahasiswa-mahasiswi yang sebelumnya melalui seleksi dari seluruh fakultas di lingkungan UIN Antasari Banjarmasin. Program ini untuk mendukung penuh cita-cita Indonesia sebagai poros maritim dunia dan juga sebagai tindakan nyata revolusi mental untuk membekali mahasiswa pengalaman tinggal di desa.

Camat Pulau Sebuku, Ir.H. Joko Pitoyo saat pelepasan mahasiswa UIN Antasari menyatakan sangat gembira adanya KKN ENJ ini dan berharap agar terus berlanjut di kemudian hari dan dapat mengirim lebih banyak mahasiswa lagi, agar semua desa dapat merasakan program yang dikembangkan oleh mahasiswa.

Program KKN tematik ini telah berlangsung selama 30 hari, 14 oktober-15 november bertempat di wilayah pengabdian di Kecamatan Pulau Sebuku, di 3 desa, desa Rampa, desa Sungai Bali, dan desa Ujung.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Hj. Nida Mufidah, M.Pd. dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih atas kerja samanya dan sambutan masyarakat Pulau Sebuku terhadap program ini.

“ Alhamdulillah, sudah selesai KKN Tematik, UIN Antasari berkiprah bersama dengan menggandeng banyak pihak seperti Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Pemda Kotabaru. Melalui kegiatan ini kita ingin agar masyarakat kembali untuk mencintai laut, kita ajak para generasi muda untuk mengunjungi pulau-pulau terluar dan terdepan di nusantara, dengan harapan agar mereka dapat melihat langsung dan dapat membantu masyarakat bersama-sama dalam aktivitas sosial kemasyarakatan dengan program kerja dan ilmu yang mereka miliki, dengan sinergitas seluruh stake holder dan dukungan dari seluruh pihak. Program ini harus bisa berkesinambungan” ungkap Nida

“Jadi, kegiatan KKN ini merupakan wujud implementasi dari salah satu peran dan fungsi tridarma perguruan tinggi, yaitu di bidang pengabdian kepada masyarakat, selain dari fungsi pendidikan dan penelitian yang sudah mereka peroleh dalam perkuliahan selama ini,” kata Nida dalam sambutannya.

“Apa yang dirasakan langsung oleh mahasiswa tersebut diharapkan dapat menumbuhkan rasa empati dan kepeduliannya terhadap kehidupan saudara-saudaranya yang hidup di pulau-pulau terluar, yang selama ini mungkin sering luput dari perhatian kita masyarakat yang tinggal di perkotaan,”

Selain memiliki efek bagi masyarakat yang didatangi para mahasiswa, KKN ini dinilai juga berguna bagi pembentukan karakter mahasiswa itu sendiri. Mulai dari kepemimpinan. integritas, tanggung jawab hingga kerja sama.”

Wakil Rektor III UIN Antasari ini menambahkan, setelah mengikuti ENJ ini, para mahasiswa diharapkan lebih memahami kultur dan nilai-nilai yang ada di kalangan masyarakat. Termasuk bisa merasakan bagaimana sebenarnya kehidupan masyarakat yang ada di wilayah pulau-pulau terpencil dan terluar di ujung  Kalimantan Selatan.

Tinggalkan Balasan