Artikel ini telah dilihat : 54 kali.
09 Okt 2019

Rektor Lantik Kepala UPT Ma’had Al-Jamiah

Banjarmasin (UIN Antasari) – UIN Antasari melaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan terhadap Dr. H. A. Mujahid, MA sebagai Kepala UPT Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari baru menggantikan Ahmad, S.Ag, M.Fil.I yang saat ini tengah menjalankan tugas belajar program Doktor di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Bertempat di aula Zafry Zamzam, Rektor UIN Antasari Prof. Dr. H. Mujiburrahman, MA melantik dan mengambil sumpah kepada pejabt baru yang disaksikan oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan Dr. H. Sukarni., dan Kepala Biro AUPKK Drs. Amal Fathullah, M.Pd. Turut hadir pula Kepala Biro AAKK Drs. Mukhlis, M. Pd, Dekan-Dekan Fakultas,  Ketua-Ketua Prodi, Pejabat Eselon 3 dan 4 serta Ketua Dharma Wanita Persatuan di lingkungan UIN Antasari.

Pada kesempatan tersebut, Rektor UIN Antasari menyampaian beberapa hal yang berkaitan dengan betapa pentingnya keberadaan Ma’had Al-Jamiah sebagai salah satu lembagai pendididikan bagi mahasiswa di UIN Antasari terutama setelah pengalihan status dari IAIN ke UIN. “Yang masuk ke kampus kita, lebih dari separuh, mayoritas dari mahasiswa baru kita tidak berlatar belakang pesantren, bahkan bukan madrasah, oleh karena itu, jika tidak ada ma’had al-jamiah, UIN tidak akan menjadi UIN sebenarnya” ucap beliau.

Ada dua hal disampaikan Mujiburrahman dalam hal ini, yang pertama ialah visi ma’had al-jamia’h yaitu sebagai pusat pembinaan integrasi ilmu dan amal yang terkait dengan visi UIN Antasari sebagai universitas yang unggul dan berakhlak. Dan yang kedua adalah misi, ada tiga misi yang di emban oleh ma’had al-jamiah

Yang pertama, memberikan pendidikan dan pengajaran ilmu-ilmu dasar ke-Islaman sebagai pandangan hidup dan praktek keseharian.

Yang kedua, memberikan kepada mahasiswa wawasan tentang Islam wasthiyah, Islam yang moderat tidak ekstrem kiri tidak ekstrem kanan, yang terintegrasi dengan kebangsaan dan budaya lokal.

Dan yang ketiga, memberikan motivasi dan arah tujuan bagi mahasiswa untuk mencapai cita-citanya selama kuliah di UIN Antasari.

Terakhir, berkaitan dengan misi ini beliau berharap kedepannya, untuk karier /masa depan mahasiswa, progam ma’had al-jamiah terkoordinasi dengan pusat karir karena pusat karier sudah memetakan data seluruh potensi mahasiswa baru melalui psikotes online. Data ini kemudian nantinya akan diserahkan kepada ma’had al-jamiah dan kepada dekan-dekan untuk disampaikan kepada dosen penasehat akademik para mahasiswa. (yad/hdr)

Tinggalkan Balasan