Artikel ini telah dilihat : 135 kali.
16 Sep 2019

Haris Fadillah: Wawasan dan Keterampilan yang Up to Date Adalah Kunci Layanan BK di Era Disrupsi

 

Banjarmasin (15/09/2019) Jurusan BKPI UIN Antasari Banjarmasin menyelenggarakan seminar dengan tema “Mewujudkan Guru Bimbingan dan Konseling yang Kompetitif, Inovatif dan Proaktif dalam Menghadapi Problematika di Sekolah”, bertempat  di Aula Asywadie Syukur UIN Antasari Banjarmasin.

Kegiatan yang diikuti oleh ratusan peserta dari kalangan guru, mahasiswa dan alumni itu menghadirkan Instruktur Nasional/ Mentor  Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Bidang Bimbingan dan Konseling (BK) Faisal Rachman,S.Pd.,M.Pd

Ketua Jurusan BKPI  Haris Fadillah, S.Pd., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sengaja dilaksanakan untuk  meningkatkan kompetensi dan kapabilitas guru BK dalam menghadapi beragam tantangan era disrupsi di sekolah. Menurutnya, era serba digital hari ini secara tidak langsung memberikan pengaruh pada psikologi anak. Untuk itu, guru BK wajib meningkatkan wawasan dan keterampilannya agar mampu memberikan layanan bimbingan dan konseling yang pas bagi peserta didik di sekolah.

Selanjutnya, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Dr. Hairul Hudaya, M.Ag. dalam sambutannya sangat  mengapresiasi seminar yang dilaksanakan. Menurutnya, kegiatan-kegiatan yang sifatnya menunjang kompetensi seperti ini harus dilaksanakan secara rutin, disamping akan memberikan wawasan baru, juga akan meningkatkan kerja sama apik antar guru BK di berbagai sekolah. “Era disrupsi hari menyadarkan kita bahwa semua hal berubah dengan cepat dan kadang tak terbayangkan. Untuk itu, wawasan dan keterampilan yang kita miliki juga harus senantiasa diperbarui agar sesuai dengan kebutuhan dalam menghadapi tantangan zaman”, tegasnya.

 

Tinggalkan Balasan