09 Apr 2018

Sanggar ‘Bahana’ UIN Antasari Borong Piala Festival Monolog Mahasiswa Nasional 5 di Malang

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sanggar Bahana Antasari dari UIN Antasari Banjarmasin berhasil menorehkan prestasi membanggakan pada Festival Monolog Mahasiswa Nasional 5 (STIGMA5) yang diselenggarakan oleh Teater Hampa sebagai tuan rumah pada tanggal 01 April – 10 April bertempat di Universitas Negeri Malang. Festival yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali tersebut untuk tahun ini diikuti oleh 15 komunitas seni yang sebelumnya telah dinyatakan lolos audisi kurasi, yaitu: Sanggar Bahana Antasari, Teater Yupa Unmul Samarinda,Teater Fasotik Unmul Samarinda, Teater Lentera UNM Makasar, Teater Tiyang Alit Universitas Sepuluh November Surabaya, Teater GABI Universitas Sriwijaya Palembang, Teater Sisi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Teater Batra Universitas Riau, Teater Spasi Universitas Hasanuddin, Teater GSSTF Padjajaran Bandung dan Teater Orok Universitas Udayana Bali.

Kegiatan STIGMA 5 tersebut tidak hanya diisi dengan festival monolog saja, tetapi juga akan diisi dengan pawai budaya yang menampilkan masing-masing pakaian adat dari tiap-tiap komunitas seni yang lolos mewakili daerahnya serta juga akan dilaksanakan workshop tentang dunia teater dan kebudayaan di Indonesia.

“STIGMA dilaksanakan bukan hanya sekedar festival seni semata, melainkan juga sebagai upaya melestarikan, mengajarkan,dan membudayakan teater monolog sebagai alat yang bisa membuka mata seluruh kalangan masyarakat Indonesia akan keadaan tentang politik, sosial, ekonomi maupun pendidikan yang ada di Indonesia”, ungkap  penyelenggara.

”Karena di dalam teater monolog sendiripun kita sering kali membahas atau mengkritik kesenjangan sosial sekitar di dalam pementasannya dan ini diharapkan bisa menjadi sebuah event atau ajang yang kembali meluruskan akan tujuan utama teater monolog sebagai alat pembuka mata masyarakat khususnya terhadap mahasiswa sebagai penerus bangsa Indonesia” jelasnya Lebih lanjut.

Dalam Festival Monolog Mahasiswa Nasional 5 tersebut Sanggar Bahana UIN Antasari berhasil membawa pulang 5 penghargaan terbaik nasional  dari 7  perhargaan pada kategori  (a) Penyaji Terbaik, (b) Penata Artistik Terbaik, (c)  Penata Cahaya Terbaik,  (d) Aktor Terbaik, dan (e)  Sutradara Terbaik.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Antasari Banjarmasin, Dr. Hj. Nida Mufidah, M.Pd ketika ditemui secara terpisah menyampaikan rasa sangat bangga atas prestasi yang diraih UKM Sangar Bahana Antasari di pentas nasional tersebut. “Selamat dan sukses Sanggar Bahana UIN Antasari, semoga ke depan Sanggar Bahana tidak hanya bisa meraih prestasi-prestasi yang lebih banyak lagi ditingkat nasional,namun juga bisa menjadi role model bagi sanggar-sanggar yang ada di Banua pada khususnya dan Indonesia pada umumnya”,ungkap Nida. (rdh/humas)

Tinggalkan Balasan